Blog Islam Sehari-hari Zakat dan Sedekah

Keajaiban Sedekah kepada Orang Tua dengan Niat yang Shahih

keajaiban sedekah kepada orang tua
keajaiban sedekah kepada orang tua

Tahukah Anda bersedekah tidak hanya ditujukan pada fakir miskin saja? Pada dasarnya, orang tua memiliki hak mutlak atas harta anaknya yang sudah mampu mencari rezeki sendiri. Terlebih, sudah banyak sumber yang menyiratkan keajaiban sedekah kepada orang tua.

Ada banyak dalil yang membahas tentang sedekah, seperti Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 261 dan hadis riwayat Imam Amad jilid IV halaman 147 sampai 148. Jika di artikel sebelumnya Anda sudah mempelajari manfaat sedekah subuh dan keajaiban infaq, sekarang saatnya mengkaji lebih dalam keutamaan bersedekah pada orang tua.

Keajaiban Sedekah Kepada Orang Tua

Sesuai dengan firman Allah SWT di dalam Al Qur’an surat At-Baqarah ayat 215, orang yang berhak mendapat nafkah meliputi ayah-ibu, kerabat, anak yatim, orang miskin, dan orang yang sedang dalam perjalanan. Berkaitan dengan itu, berikut ini keajaiban yang akan Anda dapatkan setelah bersedekah.

1. Hidup Menjadi Lebih Berkah

Nabi Muhammad SAW selalu mengingatkan pada umatnya agar tidak menunda-nunda bersedekah pada orang tua selagi mampu, sehingga mereka mendapatkan kebaikan. Orang tua akan senantiasa mendoakan baik bagi anak-anaknya. Dengan doa orang tua, Anda bisa mendapat ketentraman jiwa dan keberkahan dalam hidup.

Sebagaimana keajaiban sedekah kepada orang tua yang tertuang di dalam kutipan sebuah hadis di bawah ini.

رِضَا اَللَّهِ فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ, وَسَخَطُ اَللَّهِ فِي سَخَطِ اَلْوَالِدَيْنِ

Artinya: “Ridho Allah SWT bergantung pada ridho kedua orang tua dan begitu pun sebaliknya, murka Allah SWT bergantung pada murka kedua orang tua” (hadis riwayat Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Hakim).

2. Menangkal Malapetaka

Jika Anda sedang mengalami kesulitan dalam perjalanan meniti karir Anda, maka bersedekahlah. Begitupun saat Anda jatuh sakit dan mendapat musibah lainnya. Sesungguhnya, Allah akan mengabulkan doa orang yang bersedekah dan orang yang Anda beri sedekah.

Selain itu, masih ada banyak keajaiban sedekah kepada orang tua dan orang yang membutuhkan. Sedekah berupa harta, kebaikan, dan dzikir mampu menangkal bala di hidup Anda, termasuk orang yang bermaksud jahat, lakon-lakon yang menyesatkan, dan kejadian merugikan lainnya.

Dalam hadis riwayat Muslim: “Abu Hurairah RA menceritakan bahwa ada seorang laki-laki yang datang pada Nabi dan ia pun bertanya, ‘Rasulullah, sedekah apa yang pahalanya paling besar?’ Kemudian, Nabi menjawab, ‘Bersedekahlah saat kamu masih sehat, suka harta, takut miskin, dan ingin kaya. Janganlah kamu menunda-nunda sampai nyawamu di tenggorokan.’ …”

Baca Juga: Keajaiban Sedekah dan Infaq dalam Kehidupan Sehari-hari

3. Dimudahkan Jalannya dalam Mencari Rezeki yang Halal

Dengan bersedekah, Anda akan selalu mengingat bahwa rezeki apapun bentuknya berasal dari Allah SWT. Sedekah mendorong Anda untuk selalu berusaha mengumpulkan rezeki dengan cara yang halal.

Jika Anda memakan dan memberi makan menggunakan rezeki yang halal, maka Anda akan selalu mensyukuri nikmat dan karunia yang Allah SWT berikan.

Seperti firman Allah SWT pada Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 114 yang berbunyi: “Makanlah yang halal lagi baik dan makanlah rezeki yang telah Allah berikan kepada kalian. Syukurilah nikmat Allah, karena hanya kepada-Nya kalian beribadah.”

4. Sedekah Menjadi Amal Jariyah

Keajaiban sedekah kepada orang tua selanjutnya berkaitan dengan amal jariyah. Dalam praktik ilmu birrul walidain, kedua orang tua adalah pihak yang paling berhak mendapatkan sedekah. Oleh karena itu, masih hidup maupun sudah meninggal, Anda boleh bersedekah mengatasnamakan orang tua. Simak penggalan hadis di bawah ini!

“Ibu saya mendadak meninggal, sementara beliau belum berwasiat. Namun saya yakin, seandainya beliau sempat bicara, beliau akan bersedekah. Apa Ibu mendapatkan pahala, jika saya bersedekah atas namanya?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Ya, bersedekahlah atas nama Ibumu.” (HR Bukhari: 1388 dan Muslim: 1004).

Ketika Anda bersedekah atas nama orang tua yang sudah meninggal, maka mereka akan mendapatkan pahala yang tak terputus hingga hari penghitungan amal tiba.

Baca Juga: Ini Manfaat dan Cara Sedekah Subuh

5. Mendapat Pahala yang Berlipat Ganda

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencari nikmat pahala menafkahi orang tua. Contohnya, melimpahkan kasih sayang dan memberikan sebagian harta.

Menurut keterangan Buya Yahya, seorang pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, seseorang akan mendapatkan pahala silaturahmi dan pahala berbakti (birrul walidain) yang utuh setelah melakukan sedekah pada orang tua.

Hadis riwayat An-Nasai dan dishahihkan Al-Albani menguatkan pernyataan keajaiban sedekah kepada orang tua tersebut yang isinya: “Dari Salman bin Amir RA, Rasulullah SAW bersabda, ‘Sedekah untuk orang miskin nilainya hanya satu, yaitu sedekah saja. Sedangkan sedekah untuk kerabat nilainya dua, yaitu sedekah dan silaturahim’”.

Niat Sedekah untuk Orang Tua yang Masih Hidup

Berbeda dengan zakat yang harus ditujukkan pada muzakki dan mustahiq, sedekah dapat Anda berikan pada siapa saja dan atas siapa saja, terutama orang tua. Dengan catatan amalan ini Anda niatkan dengan tulus untuk mencari ridha Allah SWT. Bacalah bacaan niat sedekah di bawah ini agar semakin berkah!

“Nawaituttaqoruba ilallahi ta'ala wattiqoa ghadlabirrabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhuma 'ala ikhwani washilaturrahimi wamu'awanatadlu'afai wamutaba'atan nabiyyi shallallahu 'alaihi wasallama waidkholassururi 'alal ikhwani wadaf'il balai 'anhu wa'an sairil muslimina walinfaqo mimma razaqohullahu waqohran nafsi wasy syaithoni.”

Artinya, “Aku niat (sedekah) untuk mendekatkan diriku pada Allah SWT, menghindari murka Allah SWT, menghindari api neraka Jahanam, belas kasih pada saudara, dan menyambung silaturahim. (Aku niat sedekah untuk) Membantu orang lemah, mengikuti Nabi SAW, membahagiaan saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan Allah serta mengalahkan nafsu setan.”

Baca Juga: Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Pernah Mengalami Keajaiban Sedekah Kepada Orang Tua?

Keajaiban sedekah kepada orang tua sangatlah luar biasa, karena kebaikan tersebut sunah yang harus setiap anak dahulukan. Banyak dalil yang menerangkan bahwa bersedekah atas nama orang yang sudah meninggal pahalanya bisa sampai kepada si mayit. Namun, dalil tersebut juga berlaku bagi orang yang masih hidup.

Dalam hadis riwayat Imam Thabrani, Rasulullah SAW bersabda bahwa tidak masalah bagi siapa saja yang ingin bersedekah dan membagikan pahala pada kedua orang tuanya, terutama jika mereka bergama Islam. Maka dari itu, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rezeki yang banyak dan barokah pada Anda!

Tags