Blog Islam Sehari-hari Doa

Inilah Deretan Doa Dzikir Setelah Sholat Sesuai Sunnah

Ilustrasi Berdoa Setelah Sholat
Ilustrasi Berdoa Setelah Sholat

Doa merupakan elemen penting bagi sebuah agama. Bagi umat muslim, dzikir setelah sholat sesuai sunnah merupakan hal yang patut dilaksanakan. Amalan doa dari dzikir dan doa setelah sholat tidak sembarangan, niscaya doa-doa yang Anda panjatkan akan dikabulkan lebih cepat.

Tetapi, poin penting bagi Anda adalah untuk mengetahui dan menghafal daftar doa dan dzikir setelah sholat. Lantas, apa saja doa-doa yang bisa Anda panjatkan setelah beribadah sunnah? Pada artikel ini, Anda akan mendapatkan jawabannya. Baca selengkapnya pada poin-poin di bawah ini!

Daftar Bacaan Dzikir Setelah Sholat Sesuai Sunnah

Salah satu surah dalam Al-Quran yaitu surah An-Nisa ayat 103 merupakan sabda Allah SWT terkait dengan kegiatan dzikir. Allah SWT bersabda, 

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat, berdzikirlah kepada Allah di waktu berdiri, duduk, dan berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasakan aman, maka dirikanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nisa ayat 103).

Sesuai ayat di atas, dzikir merupakan amalan yang bisa Anda selesaikan setelah sholat. Adapun bacaan doa yang bisa Anda panjatkan selama dzikir setelah sholat sesuai sunnah adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Damai dalam Hati Itikaf adalah Waktu untuk Merenung dan Berdoa

1. Membaca Istighfar (3x)

Pertama, Anda harus membaca istigfar sebanyak tiga kali bersamaan dengan doa selanjutnya. Di bawah ini adalah kalimat ucapan untuk doa dzikir. 

أَسْتَغْفِرُ اللهَ 

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ

Kalimat tersebut memiliki arti sebagai berikut:

Aku meminta ampun kepada Allah SWT,” 

Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan dan Keselamatan hanya dari-Mu, Maha Suci Engkau wahai Tuhan yang pemilik keagungan dan kemuliaan.” (HR. Muslim no. 591).

Baca Juga: Mengapa Sholat Wajib? Siapa yang di Wajibkan Sholat?

2. Membaca Doa Tahlil

Selanjutnya, bacaan tahlil adalah doa lainnya yang bisa Anda panjatkan dalam tatanan doa dzikir setelah sholat sesuai sunnah. 

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Arti dari doa tahlil tersebut adalah sebagai berikut:

Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah SWT semata, tiada sekutu bagiNya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah SWT. Allah Maha Kuasa atas segala sesuai. Ya Allah, tiada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tiada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tiada berguna kekayaan dan kemuliaan (bagi pemiliknya). Dari Engkau-lah semua kekayaan dan kemuliaan.” (HR. Bukhari no. 6615 dan Muslim no.593).

3. Doa Meminta Perlindungan dari Api Neraka

Setelah itu, urutan selanjutnya adalah bacaan dzikir pendek setelah sholat fardhu sesuai sunnah. Dengan memanjatkan doa berikut ini, Anda mendapatkan sebuah perlindungan dari Allah SWT dari panasnya api neraka.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ 

نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ

Doa di atas memiliki arti sebagai berikut,

Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah SWT, tiada sekutu-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah. Tiada ilah yang berhak disembah kecuali Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya. Semua nikmat, anugerah, dan pujian yang baik adalah milik Allah. Tiada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah hanya kepada-Nya, sekalipun orang-orang kafir tidak menyukainya.” (HR. Muslim no. 594).

Baca Juga: Keistimewaan Sholat Sunnah Fajar dan Waktu yang Tepat

4. Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Tahlil

Dzikir setelah sholat sesuai sunnah selanjutnya adalah dengan membaca tasbih, tahmid, dan takbir. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

a. Hadits Riwayat Muslim No. 597

Hadits ini menjelaskan bahwa,

Barangsiapa yang berdzikir setelah selesai sholat dengan dzikir berikut:

Subhanallah walhamdulillah wallahu akbar (33x). Laa ilaaha illallah wahda, laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa’ala kulli syai-in qodiir.

(Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, Allah Maha Besar (33x). Tiada ilah yang berhak disembah kecuali Allah SWT. Tiada sekutu bagi-Nya. Semua kerajaan dan pujaan adalah milik Allah. Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu).”

Jumlah bacaan dzikir pendek sebanyak masing-masing 33 kali. Selanjutnya, bacaan takbir sebanyak satu kali, sehingga jumlah total sebanyak 100 kali. Berikut ini adalah urutan dzikir setelah sholat fardhu sesuai sunnah Rasulullah.

  • Bacaan tasbih sebanyak 33 kali.

سُبْحَانَ اللهِ (33 ×)

Artinya: “Maha Suci Allah (33x).”

  • Selanjutnya, bacaan tahmid sebanyak 33 kali.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ (33 ×)

Artinya: “Segala puji bagi Allah (33x).”

  • Lalu, bacaan takbir juga sebanyak 33 kali.

اَللهُ أَكْبَرُ (33 ×)

Artinya: “Allah Maha Besar (33x).”

  • Selepas bacaan dzikir pendek setelah sholat fardhu sesuai sunnah lengkap 99 kali, Anda perlu membaca tahlil satu kali.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Artinya: “Tidak ada Rabb (yang berhak untuk disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan. Bagi-Nya pujaan. Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

b. Hadits Riwayat Muslim No. 596

Selain itu, menurut hadits riwayat Muslim No. 596, jumlah bacaan takbir menjadi 34 kali. Tetapi, untuk mendapatkan jumlah yang pas yaitu 100 kali bacaan, maka Anda tidak perlu menambahkan bacaan tahlil. Hadits riwayat Muslim menyebutkan bahwa,

مُعَقِّبَاتٌ لَا يَخِيبُ قَائِلُهُنَّ – أَوْ فَاعِلُهُنَّ – دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ ، ثَلَاثٌ وَثَلَاثُونَ تَسْبِيحَةً ، وَثَلَاثٌ وَثَلَاثُونَ تَحْمِيدَةً ، وَأَرْبَعٌ وَثَلَاثُونَ تَكْبِيرَةً

Dzikir-dzikir yang tidak akan merugi orang yang mengucapkannya setelah sholat wajib: yaitu 33x tasbih, 33x tahmid, 34x takbir.” (HR. Muslim no. 596).

Baca Juga: Doa Memohon Perlindungan dari Orang Zalim dalam Al Quran

5. Bacaan Doa dan Dzikir Setelah Sholat Sesuai Sunnah

Bacaan doa selanjutnya adalah ayat kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Ketiga surah tersebut menjadi pelengkap dzikir dan doa setelah sholat fardhu sesuai dengan anjuran Rasulullah SWT.

Baca Juga: Prinsip Hidup Islami yang Akan Membuat Hidup Anda Lebih Bermakna

Amalkan Doa Lebih Banyak dengan Bacaan Doa dan Dzikir

Doa dan dzikir memiliki makna yang sangat dalam bagi umat Muslim. Selain itu, faedah dari keindahan doa sungguh membuat hati lebih tenang. Doa dan dzikir dapat Anda panjatkan setiap selesai sholat fardhu yang juga bisa untuk menyikapi ujian dengan sabar melalui ibadah.

Nyatanya, dzikir setelah sholat sesuai sunnah memiliki beragam bentuk doa. Semua doa telah shahih melalui hadits riwayat sahabat Rasulullah SAW. Jangan tunda untuk mengamalkan ibadah melalui doa dan dzikir. Niscaya, kebaikan Allah SWT senantiasa menyelimuti Anda.

Tags